WELCOME to SINAR BUANA PRINTING (OFFSET PRINTING & CONTINUOUS FORM PRINTING)

Pameran Percetakan Diramaikan 65 Perusahaan Lokal dan Internasional


Foto: Norma Anggara

Surabaya - Bertambahnya percepatan teknologi, makin marak pula teknologi percetakan digital. Tak heran bila pameran percetakan kini diramaikan puluhan perusahaan berskala lokal hingga internasional.

Surabaya Printing Expo (SPE) yang digelar keenam kalinya kini diikuti 65 perusahaan lokal dan internasional. Berbagai macam mesin percetakan dipamerkan di Atrium Lantai 1 Grand City Mall. Mulai dari jenis offset, cetak digital, sablon dan alat-alat cetak lainnya.

"Ada 20 perusahaan lokal dan 45 internasional dari Malaysia dan Singapura," kata Daud D Salim Direktur Krista Exhibitation PT Kristamedia Pratama saat ditemui di Grand City, Kamis (23/6/2011).

Pameran yang digelar pada 23 hingga 26 Juni ini sekaligus menyambut tahun ajaran baru. Menurut Daud, konsumsi buku pelajaran cukup memberikan kontribusi.

"Terutama buku pelajaran dan buku tulis," terangnya.

Hal serupa juga diungkapkan President Persatuan Perusahaan Grafika Indonesia (PPGI) Jimmy Juneanto. Ia bertutur bahwa Surabaya merupakan kota kedua setelah Jakarta yang konsumsi kertasnya tertinggi.

Selain konsumsi buku pelajaran, home industry di Surabaya juga pasti membutuhkan alat dan mesin cetak digital. Misalnya saja untuk produk kosmetik hingga pakaian, para pengusaha tersebut pasti membuat label untuk masing-masing produknya.

"Kebutuhan cetak di Surabaya tertinggi setelah Jakarta," tutur Jimmy.

(nrm/fat)

SUMBER DARI : http://surabaya.detik.com/read/2011/06/23/131647/1666866/466/pameran-percetakan-diramaikan-65-perusahaan-lokal-dan-internasional